Purna Siswa angkatan ke-39 SMK YPM 1 Taman Sidoarjo Penuh Warna dan Pesona

Stymsta Prestasi Wisuda 2022

Sidoarjo (01/6/2022) – Pagi itu ingar bingar suasana memenuhi semua sudut ruangan Gedung Graha Anugerah Gusti 2 YPM Megare yang terletak di Jl. Ngelom Megare No. 30 Taman, hilir mudik pria muda mengenakan seragam jas hitam lengkap dengan dasi menuju tempat duduk yang telah ditata dengan rapi, pun begitu pula dengan para wanita mudanya yg mengenakan pakaian kebaya nan menawan.

Di sisi lain ruangan tampak kesibukan yang tak kalah ramainya, disana para pria muda dan wanita-wanita anggun mempesona yang dibalut dengan busana batik tradisional yang rancak nan elok tak lain adalah anggota Paduan suara “Gema Stymsta”, diujung belakang gedung para anggota ekstrakurikuler paskibra “Denbrasta” yang dibina oleh Bang Taufan tengah mempersiapkan diri dg kostumnya yg elegan menunggu giliran untuk tampil pada prosesi memasuki ruangan upacara wisuda.

Gema-Stymsta
Tim Paduan Suara SMK YPM 1 Taman – Gema Stymsta
Tim Paskibra SMK YPM 1 - Denbrasta
Tim Paskibra SMK YPM 1 Taman – Den Brasta

Ya, pagi itu Gedung yang berkapasitas lebih dari 500 orang itu penuh sesak dengan para undangan yang terdiri dari peserta wisuda purna siswa dan juga keluarga yang antusias mendampingi putra-putrinya tercinta. Dengan diiringi bermacam hiburan yang dimainkan oleh warga sekolah semakin menambah semaraknya suasana.

Pada kesempatan berikutnya kelompok Banjari “Al-Munsyidin” SMK YPM 1 Taman
tidak ketinggalan turut serta mengiringi kedatangan wisudawan dan para tamu melalui alunan merdunya dengan menyuguhkan berbagai irama sholawat nabi dan lagu-lagu religi Islami yang mampu menyegarkan rohani. Mereka adalah para siswa yang tergabung dalam kelompok ekstrakurikuler Banjari sekolah yang diasuh oleh ust. Arisdianto.

Group Sholawat Al Banjari SMK YPM 1 Taman - Al Munsyidin
Group Sholawat Al Banjari SMK YPM 1 Taman – Al Munsyidin

M. Zainul Fuad, selaku waka kesiswaan mengatakan bahwa wisuda purna siswa tahun 2022 ini merupakan angkatan ke-39 yang diikuti sebanyak 547 siswa sebagai peserta dan juga dihadiri sejumlah lebih dari 600 undangan baik dari orangtua siswa maupun undangan tamu VIP. Kami ingin memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para siswa kelas XII yang telah dinyatakan lulus dari sekolah. Kami telah menyiapkan jauh hari untuk acara ini, semua pemain dalam rangkaian acara dan hiburan adalah warga sekolah baik siswa-siswi ataupun Bapak/ Ibu guru, boleh dibilang semua orisinil dari dalam sekolah.

Sementara itu Kepala sekolah dalam sambutannya menyampaikan Syukur Alhamdulillah atas keberhasilan siswa –siswi yang telah dinyatakan lulus 100 %. Banyak hal yang membanggakan dalam wisuda kali ini, prestasi yang diperoleh anak-anak sangat banyak diantaranya prestasi Akademik dan Non Akademik, mulai dari Juara lomba LKS Tingkat Provinsi, olimpiade berbagai mata pelajaran hingga prestasi Tahfidzil Qur’an, Banjari, futsal, dll.

Disamping itu saat ini SMK YPM 1 Taman juga menerima anugerah dari Kemendikbudristek yang berupa anugerah pembentukan SMK pusat keunggulan reguler dan menjadi SMK pusat keunggulan pemadanan industri sehingga saat ini kami sedang “dikawinkan” dengan PT. Industri Kereta Api (PT.INKA).

“Saya sangat bersyukur dengan apa yang telah diraih para siswa, tetapi tidak hanya itu yang membuat kami bahagia, Prestasi sekolah dalam menyalurkan lulusannya yang kian hari semakin banyak yang membuat kebahagiaan kami memuncak, dari sejumlah siswa yang diwisuda hari ini hampir 50% diantara telah diterima sebagai karyawan pada perusahaan yang ada di seluruh Indonesia dan juga berwirausaha, Ini menunjukkan bahwa SMK YPM 1 Taman telah memberikan bukti nyata pada masyarakat bahwa sekolah kami adalah sekolah kejuruan yang benar-benar menyiapkan lulusan untuk dapat langsung bekerja sekaligus dibekali dengan akhlakul karimah”

imbuh H. Harjono pria yg juga memiliki talenta dan mahir bermain musik.

Sambutan Kepala SMK YPM 1 Taman Sidoarjo – H. Harjono, M.Pd.

Prosesi wisuda terasa kental dg aroma kesakralan karena setiap langkah wisudawan diiringi dengan alunan nada yang menyentuh sukma dari kelompok paduan suara yang terdiri dari siswa-siswi kelas X & XI. Sebanyak 30 anak yang tergabung dalam padus “Gema Stymsta” ini semuanya dipilih setelah melalui beberapa tes yang dilakukan oleh pelatihnya. Lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya, Syukur, Bagimu Negeri, Man ana, Ya lal Wathon, dan lagu nasional lainnya dipilih sebagai lagu pengiring prosesi.

Di penghujung acara panitia menghadirkan DR. KH. Anas Fauzie An-Nachrawi, M. Pd pengasuh ponpes Ar-Razzaaq Malang yg saat ini lebih dikenal dg sebutan “Penghulu Viral” untuk memberikan tausiyah sebagai bekal bagi para wisudawan dalam menjalani kehidupan agar lebih terarah sesuai dg ajaran ahlussunnah wal jama’ah.
Dalam ceramahnya beliau menyampaikan pesan bahwa kunci menuju kesuksesan ada 4 hal, yakni : suka mendo’akan orangtua, suka menerima nasehat, suka mendo’akan orang lain dan suka membaca Al-Qur’an.

“Saat ini saya merasa sangat bangga dan terharu karena berada ditengah-tengah para wisudawan yang tak hanya memiliki keahlian sebagai teknisi namun juga memiliki akhlak dan karakter religius yang berhaluan ahlusssunah wal jama’ah, bahkan banyak wisudawan yg juga memiliki kemampuan hafalan Al-Qur’an beberapa Juz, semoga SMK YPM 1 Taman tetap dihati dan senantiasa dijadikan lembaga pendidikan pilihan masyarakat dalam menitipkan putra-putrinya utk dididik dan dibina menjadi generasi yg Qur’ani dan berwawasan global,”

imbuhnya.

Tausyiah – Dr. KH. Anas Fauzie An Nachrawi, M. Pd.

Suasana sakral prosesi wisudawan berubah ceria ketika acara hiburan diisi oleh grup band sekolah “The Superior Band”, dengan sajian lagu-lagu yang diminati para siswa, gebrakan drum yg lantang dan lengkingan melody yg nyaring serta dipadu dg suara penyanyi yg merdu membuat semua hadirin dibuat larut dalam euforia kebahagiaan yg takkan terlupakan dan akan terus dikenang sepanjang masa oleh para wisudawan.

“Hari ini memang luar biasa, semua yang hadir baik peserta wisuda, Bapak dan Ibu guru serta karyawan maupun undangan lainnya benar-benar menikmati suasana yang penuh dengan pesona,” pungkas Farid Mahrus ketua panitia wisuda yang juga sebagai guru Bimbingan & Konseling ini.

Keren bukan….?
Semoga SMK YPM 1 Taman tetap berjaya dan berdigdaya !
(Fu)