Menyambut Tahun Baru Islam, Ribuan Siswa dan Guru menggelar kegiatan YPM Carnival

Dalam memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah, keluarga besar YPM Sidoarjo menggelar YPM Carnival bertemakan “Merangkai budaya Nusantara, mewujudkan generasi islam unggul”, Sabtu (30/7/2022) pagi. Sebanyak 6.000 siswa dan 350 guru dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Pawai dimulai sejak pukul 06.00 WIB mulai dari Sepanjang Town House hingga Kampus Umaha YPM Sidoarjo.

Ketua Pelaksana YPM Carnival 1 Muharram 1444 H Nur Yahya mengatakan, dalam YPM Carnival tersebut ditampilkan barisan siswa dan guru. Mulai dari YPM Fashion Carnival yang diikuti oleh siswa/i, Lomba Guru Kostum Unik serta lomba digital Content.Setiap kelas minimal menampilkan satu orang. Namun ada juga yang lebih. ”Pesertanya mulai PG, TK, SD, SMP, hingga SMA dan SMK,” katanya.


Ia juga menjelaskan, tujuan dari kegiatan itu adalah mengingatkan kepada masyarakat umum bahwa ada peristiwa besar hijrahnya Rasulullah SAW ke madinah. Dia berharap baik siswa maupun masyarakat dapat mengambil hikmah dari kisah tersebut. ”Bisa diiterapkan dan ditauladani dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan & Sosial Ma’arif (YPM) Ir. H. Ahmad Makki, M.T menyebutkan mengingatkan masyarakat terutama keluarga besar YPM bahwa 1 Muharram merupakan momen monumental dalam dakwah Rasulullah SAW. Perkembangan islam sangat pesat setelah hijrah.
Untuk itu, dalam tampilan kreasi siswa YPM bisa memberikan kontribusi untuk membangun toleransi di masyarakat. Semuanya ditunjukkan dengan adanya Kegiatan YPM Carnival.


Selain itu dia juga bertahap segala hal yang terjadi seperti konflik atau bibit konflik sudah bisa diredam, bahkan tidak akan terjadi. Kegiatan Carnival juga ditujukan untuk menumbuhkan kreatifitas dan bakat siswa. Sehingga diharapkan tumbuh kebersamaan dan rasa toleransi. ”Juga untuk menumbuhkan rasa nasionalisme kesatuan Republik Indonesia serta menampilkan kreatifitas dan bakat,” pungkasnya. (radarjatim.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.