Jelang Kelulusan, SMK YPM 1 Taman Sidoarjo bekali siswanya dengan Kemampuan Digital Marketing

Pengarahan Waka Humas kepada Calon Alumni

Sidoarjo (19/5/2022) – Kebutuhan tenaga kerja berkemampuan digital saat ini semakin meningkat seiring dengan akselerasi interaksi digital pada era industri 4.0 menjadi perjalanan panjang yang akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.

Pesatnya perkembangan teknologi telah memberi perubahan besar dalam dunia pasar, salah satunya transaksi jual beli melalui online yang semakin hari kian meningkat.

Generasi muda millenial harus memiliki bekal yg mumpuni dan berjiwa tangguh dalam menghadapi era transformasi digital, untuk itu SMK YPM 1 Taman Sidoarjo kali ini kembali menggelar kegiatan Orientasi Tenaga kerja dan kiat berwirausaha melalui Ketrampilan Digital Marketing yang bertempat di Gedung Graha Anugerah Gusti YPM Sepanjang pada Kamis, (19/5/2022).

Tidak tanggung-tanggung, Kali ini narasumber yang dihadirkan berasal dari beberapa perusahaan rekanan dan praktisi bisnis Digital Marketing yang nantinya diharapkan dapat memberikan pencerahan sekaligus membuka wawasan dan cakrawala berpikir 547 siswa kelas XII yang sudah berwirausaha maupun yang akan merintis usaha.

Harjono, kepala SMK YPM 1 Taman Sidoarjo dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada peserta didik kelas XII agar menjadi terampil, mandiri, dan inovatif.
Ia juga menambahkan, “Kolaborasi yang dilakukan dengan menggandeng dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) merupakan sebuah kunci dalam mengembangkan kompetensi peserta didik”.

Sementara itu Iwan Wahyudi, selaku Waka. Humas sekaligus penaggungjawab kegiatan ini mengatakan “kegiatan ini juga merupakan salah satu bagian pembentukan karakter (character building) yang dilakukan SMK YPM 1 Taman Sidoarjo. Dengan pembekalan ini, diharapkan para siswa SMK YPM 1 Taman Sidoarjo dapat menangkap peluang bisnis online yang saat ini tengah berkembang”

Tanya jawab oleh CEO Fixprint – Lukman

Di hadapan peserta didik kelas XII Ali Yafie Al-Faidzin dan Lukman, selaku praktisi bisnis digital marketing mengajarkan bagaimana cara untuk memulai berbisnis, konsep berbisnis, dan strategi pemasaran. Jangan pernah putus asa dalam berbisnis, tetaplah semangat, tekun dan optimis dalam menggeluti dunia bisnis. 

Sharing pengalaman bersama Pemilik Usaha Radjanyapotbunga – Ali Yafie
Teknik Wawancara Kerja oleh Direktur Pusat Grosir Sidoarjo – Lutfi

“Jangan khawatir ketika akan mulai merintis karir, jangan menjadikan uang sebagai modal utama, tapi jadikan kreasi dan ide sebagai bekal dalam berkarir khususnya untuk berwirausaha,” ujar Ali Yafie.

Di penghujung acara sebelum diakhiri dengan do’a penutup, M. Zainul Fuad menyampaikan pesan bahwa kejujuran, attitude dan semangat serta konsisten/ Istiqomah adalah modal yang paling utama jika ingin mulai berbisnis. “Kesuksesan datang dari mereka yang berani mengejar impian dan mau mencoba, oleh karena itu kalian harus cerdas dalam mencari dan memanfaatkan peluang yang ada”, tutur pria yang juga menjabat sebagai Waka. Kesiswaan ini.

Menarik bukan….?
Semoga SMK YPM 1 Taman tetap berjaya dan berdigdaya !